Cara Tepat Mengobati Filariasis Sebelum Berada di Tahap Kronis

Filariasis atau lebih dikenal dengan penyakit kaki gajah merupakan suatu kondisi serius yang berisiko pembengkakan permanen jika tidak segera ditangani. Karenanya, dibutuhkan cara mengobati filariasis yang tepat. Berdasarkan fasenya, terdapat tiga fase dalam penyakit kaki gajah ini. Untuk itu, penanganan harus segera dilakukan sejak diketahui terdapat gejala awal agar tak sampai di tahap kronis. Inilah berbagai cara tepat untuk mengobati kaki gajah.

  • Mengonsumsi Obat yang Diresepkan Dokter

Bagaimana langkah awal dalam mengobati kaki gajah? Mulanya, dokter akan memeriksa pasien yang mengalami keluhan berupa gejala kaki gajah. Pemeriksaan ini dilakukan melalui tes darah atau tes urin untuk melihat apakah ada tanda-tanda keberadaan mikrofilaria di dalamnya. Setelah dinyatakan positif terinfeksi cacing filaria, pasien akan mendapatkan penanganan medis lanjutan sesuai prosedur kedokteran.

Cara mengobati filariasis ini disesuaikan dengan kondisi penyakit kaki gajah yang dialami pasien. Intensitas infeksi antar pasien bisa berbeda-beda dengan penanganan medis yang berbeda pula. Saat pasien masih berada di fase infeksi awal, dokter akan memberikan obat antibiotik yang mampu mengatasi serta mencegah infeksi bakteri oleh cacing filaria.

Selain obat antibiotik, terdapat obat lain yang diresepkan dan bertujuan sebagai obat antiparasit. Beberapa obat yang diresepkan adalah Diethylcarbamazine (DEC), Invermectin (Mectizan), Albendazole (Albenza), dan Doxyxycline. Jika terdapat gejala lain yang muncul, seperti pembengkakan yang bertambah dan penebalan kulit, dokter akan meresepkan obat antihistamin untuk meredakan berbagai reaksi alergi. Dikutip dari halodoc.com, obat analgesik juga diberikan untuk menghilangkan rasa sakit.

  • Mengompres Bagian Tubuh yang Bengkak

Cara mengobati filariasis berikutnya yang perlu dilakukan adalah mengompres bagian tubuh yang mengalami pembengkakan. Timbulnya pembengkakan di beberapa bagian tubuh ini disebabkan oleh infeksi cacing filaria yang sudah semakin parah. Pengompresan dengan air hangat ini bisa meredakan rasa nyeri dan panas akibat pembengkakan. Jaringan kulit juga akan lebih rikles.

Pengobatan sebaiknya segera dilakukan agar pembengkakan ini tidak semakin besar dan bisa mengempis. Bagian tubuh yang bengkak ini adalah kaki, lengan, dan jika sudah parah mengenai area genital dan payudara pada wanita.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh memang harus ditingkatkan agar infeksi cacing bisa segera dilawan. Sistem imunitas tubuh yang sempat menurun akibat infeksi di kelenjar limfatik harus ditingkatkan agar kembali normal dan stabil.

Kondisi imunitas yang kembali normal akan mengurangi gejala yang ditimbulkan karena bisa melawan infeksi di dalam tubuh. Peningkatan sistem imun sebagai cara mengobati filariasis dapat dilakukan dengan berbagai cara, meliputi mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, istirahat cukup, dan olahraga.

  • Menerapkan Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Lebih dari itu, gangguan kesehatan juga dapat ditangkal. Ketika terkena infeksi kaki gajah, Anda harus lebih menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh sebagai cara mengobati filariasis. Jagalah kebersihan rumah dan menerapkan pola makan juga istirahat yang teratur. Hindarilah kebiasaan buruk yang menurunkan kesehatan, seperti begadang, merokok, mengonsumsi alkohol, dan sebagainya.

  • Menghindari Genangan Air

Penyebaran cacing filaria ke tubuh manusia bisa terjadi secara langsung ataupun tidak. Cacing filaria bisa masuk ke tubuh manusia dengan menembus kulit ataupun masuk ke tubuh nyamuk yang menggigit penderitanya. Gigitan nyamuk tersebut bisa menginfeksi orang lain yang digigitnya lagi. Sistem imun yang tidak kuat, bisa melancarkan infeksi cacing tersebut.

Mengetahui cara penyebarannya ini, Anda bisa mengobati kaki gajah dengan cara menghindari genangan air sebagai tempat hidup nyamuk yang bisa saja sudah terinfeksi oleh cacing filaria. Genangan air yang kotor juga bisa menjadi tempat hidup cacing itu sendiri. Cara mengobati filariasis ini sangat efektif karena memutus mata rantai penyebarannya.

Berbagai cara pengobatan tersebut harus dilakukan seiring sejalan. Artinya, pengobatan secara medis harus dilakukan berdampingan dengan upaya hidup sehat dari diri penderita. Jadi, pengobatan dapat berjalan efektif untuk segera menyembuhkan filariasis yang dialami. Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena tidak konsisten dalam melakukan pengobatan. Perlu juga untuk kontrol ke dokter secara rutin dan berkelanjutan sampai sembuh total. Lebih dari itu, jasa konsultasi bisa dimanfaatkan sebagai pendampingan pola hidup sehat penderita.

Sumber Artikel:

hellosehat.com

www.halodoc.com

doktersehat.com

Sumber Gambar:

www.boombastis.com

www.grid.id

www.inaheart.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *