5 Olahraga Alternatif yang Bisa Dilakukan Ketika Berpuasa

Puasa bukanlah penghalang untuk malas berolahraga. Berolahraga saat berpuasa akan mendatangkan manfaat ganda bagi tubuh. Manfaat tersebut antara lain mengurangi lemak dan membuat tubuh semakin sehat. Tetapi, hanya olahraga ringan saja yang boleh dilakukan ketika berpuasan.

Hindari melakukan olahraga yang berat karena dapat membuat tubuh merasa lelah dan kekurangan cairan. Berikut ini beberapa alternatif olahraga yang dapat dilakukan ketika berpuasa.

  1. Jalan cepat

Olahraga yang dapat dilakukan dengan mudah oleh siapapun adalah berjalan cepat. Dengan berjalan cepat, keseimbangan tubuh akan tetap terjaga ketika menjalankan ibadah puasa. Kamu dapat mengajak teman-teman atau rekan kerjamu untuk berjalan cepat selama 30 menit. Sebaiknya olahraga ini dilakukan di waktu menjelang berbuka puasa.

  1. Naik turun tangga

Olahraga lain yang dapat kamu coba ketika berpuasa adalah naik turun tangga. Jangan remehkan olahraga ini karena nyatanya naik turun tangga selama 10 menit dapat membuat 178 kalori dalam tubuh menghilang. Jika kamu seorang karyawan yang bekerja di gedung tinggi, coba gunakan tangga alih-alih menggunakan lift.

  1. Jogging

Saat berpuasa orang biasanya malas melakukan aktifitas di pagi hari karena mengantuk. Daripada pagi hari hanya diisi dengan tidur, lebih baik lakukanlah jogging dengan intensitas ringan. Waktu yang disarankan untuk melakukan jogging di bulan puasa adalah pagi hari setelah subuh dan sore hari menjelang waktu berbuka. Batasi waktu jogging hanya 20 – 30 menit saja sehari.

  1. Bersepeda

Alternatif olahraga yang bisa dilakukan ketika berpuasa berikutnya adalah bersepeda. Sama seperti jogging, bersepeda juga dapat dilakukan di pagi hari setelah subuh dan sore hari menjelang waktu berbuka. Lakukan kegiatan bersepeda sekitar 45 menit saja karena jika lebih dari itu akan membuat tubuh mudah lelah.

Bahkan hanya dengan 45 menit bersepeda saja, sebanyak 300 kalori pada wanita dapat terbakar. Pada pria jumlah ini bertambah 50 kalori.

  1. Yoga

Yoga merupakan jenis olahraga yang ringan tetapi kaya akan manfaat. Beberapa manfaat yoga diantaranya adalah memperlancar pernapasan, mempercepat proses detoksifikasi, dan membuat rileks. Tak ada pantangan mengenai waktu pelaksanaan olahraga ini. Kamu dapat melakukannya ketika waktumu sudah senggang.

Puasa tidak hanya dapat mengurangi berat badan, tetapi juga mencegah dari risiko penyakit diabetes. Berolahraga saat sedang berpuasa akan semakin menyehatkan tubuh. Tetapi pilihlah olahraga yang intensitasnya ringan sehingga tidak menyebabkan lelah atau dehidrasi. Perhatikan pula waktu-waktu terbaik untuk melakukan olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *